Minggu, 03 Juni 2012

Please Treat Your Kids Nicely

Tadi pagi di gereja gw lihat seorang anak laki-laki yg diperlakukan kasar secara verbal oleh ibunya. Sebut saja nama anak itu Jonas. Jonas berusia sekitar 3 tahunan, dan dia anak pertama dari 2 bersaudara. Adik perempuan baru berusia kira-kira 10 bulan lah.
Sebenarnya ini bukan pertama kali nya Gw lihat Jonas diperlakukan kasar verbally seperti itu. Gw emang ga pernah tau sih apa alasan ibu nya si Jonas kaya gitu, tapi yang pasti suka ga tega aja ngeliat dia dikasari secara verbal itu, seperti "Bodoh banget ya" "Duh Reseh banget sih jadi anak" dan nada-nada yg keluar pun ga lembut sebagai seorang ibu sama sekali.

Menurut gw penggunaan kata-kata kasar kayak gitu akan membuat anak merasa tertolak. Di usia-usia pertumbuhan seperti itu anak justru lagi butuh banget diberi dukungan moral, dipuji, dikasih kata-kata penyemangat

Kebetulan gw pernah ikut training tentang dunia anak dan usia perkembangan psikologinya. Jadi tuh ,kepribadian seorang anak akan terbentuk dari bagaimana ia diperlakukan dan dididik saat usia 0-5 tahun. Kalau dalam jangka usia itu, dia selalu diberitahu hal-hal yg baik, diperlakukan positif, maka ke depannya si anak jadi anak yg percaya diri,dan positif...kelakuannya ya, bukan hamil. #eaaaak. Tapi kalau dalam usia tersebut ia sering di perlakukan negatif, dikasari secara verbal, maka kemungkinan besar si anak akan cenderung jadi anak yg rebel (susah diatur) atau malah kurang percaya diri.

Yah, gw ga bermaksud menggurui sih. Apalagi gw juga belom bekeluarga dan punya anak.  Cuma dari pengalaman-pengalaman selama masuk di dunia anak, pengen bilang ke ibu-ibu muda yang mungkin baca tulisan ini, Tolong perlakukan anak-anak kalian terutama yg usia 0-5 tahun dengan lembut. Anak-anak apalagi anak sekarang yg jamannya udah beda, mereka ngerti kok kalo dikasih tau dengan kata-kata yg lembut.

Kembali ke Jonas, setiap liat dia gw selalu coba mendekati dia dan ajak dia main dan kasih kata-kata positif gitu ke dia. Ya, ga se heboh Mario Teguh juga sih, miniamal "wah, bagus" "Jonas pinter ya" jadi paling ga, di usia nya yg masih "kosong" itu, dia dengar kata-kata penyemangat.

My prayer : God please bless Jonas. Amin :)



Tidak ada komentar :